Jumat, 23 November 2007

Install Ubuntu 7.10 (Gutsy Gibbon) Versi Beta

Akhirnya selesai juga instalasi Ubuntu 7.10 (Gutsy Gibbon) Versi Beta. Walaupun pada awalnya mengalami masalah pada grafiknya yang tidak mau menampilkan gambar (blank) pada saat mau install. Spesifikasi komputer yang digunakan :
  • AMD Athlon 64 X2 Dual Core
  • DDR2 512 MB PC-5300
  • ECS GeForce6100SM-M
  • VGA NVIDIA GeForce6100-based. 2D/3D Graphic Engine Onboard
  • HDD SATA II 40 GB
Masalah yang timbul adalah pada layar yang menjadi gelap (blank), penulis mengakalinya dengan menekan (ctrl)(alt)(+). Tanda + (plus) tersebut berada disebalah kanan keyboard. Tujuannya agar resolusi layar menjadi rendah dan..... berhasil.

Ini sering penulis alami pada saat instalasi ubuntu menggunakan grafik chipset nVidia Onboard, tetapi dengan sedikit trik yang digunakan penulis tadi sangat membantu sekali. Memang ada cara lain jika ingin layar tersebut normal antara lain dengan masuk ke terminal. Caranya dengan menekan kemudian lakukan proses login user defaultnya. Ketikkan perintah berikut

$ sudo dpkg-reconfigure xserver-xorg

Dan masukkan password root Ubuntu 7.10 (Gutsy Gibbon) tersebut. Perintah tersebut bertujuan untuk konfigurasi ulang beberapa device termasuk grafik dan tersimpan dalam file /etc/Xorg/xserver.xorg.

Tetapi proses tersebut penulis lakukan setelah proses instalasi Ubuntu selesai. Tidak ada permasalahan lain, semua hardware dikenali dengan baik sampe penulis melanjutkan proses instalasi paket compiz. Untuk instalasi paket compiz akan dimuat pada artikel tersendiri.

Instalasi ini dilakukan penulis setelah Ubuntu 7.10 (Gutsy Gibbon) Vesi Beta bisa di download dari situsnya. Selamat mencoba ... :-$

- dzank -

Tidak ada komentar: