Sabtu, 24 November 2007

Install Compiz di Ubuntu 7.10 (Gutsy Gibbon)

Kelanjutan dari instalasi Ubuntu 7.10 (Gutsy Gibbon) di desktop yang pernah di muat sebelumnya. Penulis melanjutkan ke proses instalasi paket Compiz yang sebelumnya pernah penulis coba di Ubuntu versi sebelumnya (Feisty Fawn) dan berhasil jalan dengan sempurna tanpa hambatan dalam konfigurasi. Dan dengan hardware yang digunakan sekarang ini (lihat) penulis mencoba untuk menjalankan sebuah teknologi terbaru yang menjadi daya tarik orang terutama penulis sendiri yang mana dijalankan di sebuah sistem operasi Linux.

Untuk kartu grafis nVidia GeForce 6100 bawaan mainboardnya memang di kenal secara baik oleh Ubuntu 7.10 (Gutsy Gibbon), tetapi untuk menjalankan kecanggihan-canggihan paket Compiz tidak berjalan dengan baik. Dan sebagai solusinya penulis mendapatkan tool envy yang bisa di download di sini.

Oke langkahnya sebagai berikut. Buka terminal (Applications - Accessories - Terminal), ketikkan perintah dibawah ini untuk merubah repositori nya ke lokal (Asumsi komputer anda terhubung ke internet). Dan disni penulis menggunakan editor kesayangan yaitu vim, bagi anda sesuaikanlah dengan yang biasa anda gunakan.

$ sudo vi /etc/apt/sources.list

rubah pada bagian - bagian berikut :

id.archive.ubuntu.com menjadi komo.vlsm.org

Dan simpan konfigurasi tersebut dan lakukan update package.

$ sudo apt-get update

kemudian untuk driver kartu grafis nVidia GeForce 6100 agar dapat menjalankan paket Compiz dengan sempurna, ketikkan perintah berikut :

$ sudo apt-get install envy

Masuk ke System - Administration - Restricted Drivers Manager dan berikan tanda centang di pilihan Enabled dan restart lah komputer anda. Setelah komputer di restart buka terminal, ketikkan perintah berikut untuk memastikan 3D Rendering berjalan.

$ glxinfo |grep 'direct rendering'
direct rendering: Yes

Setelah itu ketikkan perintah berikut :

# apt-get install compizconfig-settings-manager

Lalu tekan Y untuk melanjutkan install paket tersebut. Kemudian masuk ke System - Preferences - Appearance dan pilih tab Visual Effect pilih juga opsi Custom, secara otomatis akan keluar menu Advanced Desktop Effects Settings. Silahkan custom efek yang akan digunakan sesuai keinginan anda.

Selamat mencoba ... :-$

screenshot




- dzank -

2 komentar:

frisman mengatakan...

Kang Jajang memang Cool!! Iraha muka kursus??

dzank mengatakan...

Insya Allah lamun teu aya halangan Januari awal. Masih prose pembuatan draftnya :-$