Senin, 26 November 2007

Install VirtualBox di Ubuntu 7.10 (Gutsy Gibbon)

Berhubung komputer penulis terhubung dengan internet, maka yang pertama dilakukan adalah dengan membuka terminal (Applications - Accessories - Terminal). Ketikkan perintah berikut :

$ sudo apt-get install virtualbox

Jawab Y untuk melanjutkan instalasi paket virtualbox beserta paket-paket yang dibutuhkannya.

Untuk komputer yang tidak terhubung dengan internet silahkan download paket VirtualBox di sini, sesuaikan dengan distro yang anda gunakan. Disni penulis menggunakan distro Ubuntu 7.04 (Feisty Fawn). Setelah prose download selesai, lakukan instalasi pada paket tersebut.

Tambahkan user yang anda gunakan dan root di group member vboxusers klik (System - Administration - Users and Groups). Pilih Manage Groups kemudian double klik pada user vboxusers dan centang user anda dan root.












Kemudian buka virtualbox yang sudah di install (Applications - System Tools - InnoTek VirtualBox). Klik New untuk membuat Virtual Machine, dan disini penulis akan menginstall sistem operasi Windows XP. Isikan nama sesuai keinginan anda dan pilih type sistem operasi yang akan digunakan.



Biarkan ukuran Base Memory Size yang telah ditentukan. Klik New untuk membuat Virtual Hard Disk. Abaikan juga Virtual Disk Image Type sesuai pilihannya dan pada pilihan Image Size, sesuaikan dengan kebutuhan anda. Disini penulis menggunakan ukuran sebesar 5 GB.



Setelah semua proses selesai, sekarang saatnya instalasi Windows. Klik Applications - System Tools - InnoTek VirtualBox. Klik Setting dan pilih CD/DVD-ROM dan berikan centang pada opsi Mount CD/DVD Drive, lakukan hal yang sama pada Floppy dan Audio.



Masukkan cd Windows XP untuk memulai proses instalasi, untuk memulai klik Start. Dan..... berhasil proses instalasi Windows XP berjalan dengan sempurna. Selamat mencoba... :-$

screenshot




- dzank -

Tidak ada komentar: